Perkembangan Human Machine Interface dalam Industri

Kategori: 

Human Machine Interface (HMI) adalah suatu istilah yang mengacu pada interaksi intuitif antara manusia dan mesin atau sistem. Dengan kata lain, HMI merupakan antarmuka yang digunakan oleh manusia untuk berinteraksi dengan mesin atau sistem. Antarmuka ini seringkali berupa layar maupun panel kontrol. 

Interaksi antara manusia dan mesin melalui antarmuka memungkinkan fungsi pengoperasional dan pengontrolan. Manusia dapat melakukan beberapa hal seperti memulai dan menghentikan sebuah proses, memilih mode operasi dan memantau proses yang sedang berjalan. Dengan adanya HMI maka manusia dapat mengintervensi kerja mesin yang sebelumnya berfungsi secara otomatis. 

Keberadaan Human Machine Interface HMI telah mengubah cara manusia berinteraksi dengan mesin atau sistem otomatis. Mereka telah membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keamanan dalam berbagai industri, seperti industri manufaktur, energi, transportasi, dan proses industri lainnya. 

Perkembangan Human Machine Interface dalam Industri

Human Machine Interface dalam Industri

Sistem HMI industri umumnya digunakan untuk mengendalikan sistem manufaktur dan industri yang kompleks oleh sejumlah operator yang relatif sedikit, seringkali secara remote, menggunakan perangkat lunak manajemen SCADA

Fasilitas manufaktur dari berbagai jenis telah mengadopsi sistem ini karena kehandalan dan kemudahan penggunaannya. Karena antarmuka manusia mesin biasanya menawarkan representasi visual dari sistem atau sistem yang sedang dikendalikan, sistem ini memudahkan pelatihan dan memberikan wawasan cepat dan intuitif kepada operator tentang status peralatan. 

Dalam hal ini, jasa integrasi HMI industri dapat diimplementasikan dalam hampir setiap aplikasi otomasi, mulai dari pengendalian akses dan keamanan hingga manajemen persediaan dan pergudangan. 

HMI vs SCADA

Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dan Human Machine Interface HMI saling terkait dan sering disebut dalam konteks yang sama. Sebab, keduanya merupakan bagian dari sistem kontrol industri yang besar. 

Dalam industri, HMI dan SCADA sering bekerja bersama sebagai bagian dari sistem kontrol industri yang lebih kompleks. HMI dapat berfungsi sebagai antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk mengawasi dan mengendalikan proses industri, sementara SCADA menyediakan infrastruktur dan fungsi pengumpulan data yang diperlukan untuk analisis dan pengambilan keputusan.

Perbedaan Antara Human Machine Interface dan SCADA

Perbedaan utama antara HMI dan SCADA terletak pada kemampuan dalam pengumpulan dan pengolahan data. HMI fokus pada visualisasi dan presentasi informasi kepada pengguna, sementara SCADA lebih difokuskan pada pengumpulan data yang lebih komprehensif dan fungsi kontrol sistem. 

Dalam hal ini, SCADA memiliki kemampuan yang lebih luas dan dapat terhubung dengan basis data untuk penyimpanan dan analisis data jangka panjang. Berbeda dengan sistem SCADA, HMI tidak mengumpulkan dan mencatat informasi atau terhubung ke basis data melainkan menyediakan alat komunikasi yang efektif yang berfungsi sebagai bagian dari (termasuk) sistem SCADA. 

Baca juga: HMI Scada: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-jenis

Tren Pengembangan Teknologi HMI

Tren Pengembangan Teknologi HMI

Dalam dekade terakhir, kebutuhan operasional dan bisnis yang berubah telah mendorong perkembangan menarik dalam teknologi HMI. Kini, semakin umum melihat bentuk HMI yang lebih maju. Antarmuka yang termodernisasi ini menciptakan lebih banyak kesempatan untuk interaksi dan analisis peralatan.

1. Teknologi HMI Berkinerja Tinggi

Operator dan pengguna terus beralih ke HMI berkinerja tinggi dimana metode desain HMI paling mutakhir memastikan interaksi yang cepat dan efektif. Dengan hanya memusatkan perhatian pada indikator-indikator yang paling penting atau kritis pada antarmuka, teknik desain ini membantu pemirsa melihat dan merespons masalah dengan lebih efisien, serta membuat keputusan yang lebih terinformasi. 

Indikator pada HMI berkinerja tinggi sederhana, bersih, dan sengaja dibersihkan dari grafik atau kontrol tambahan. Elemen desain lainnya, seperti warna, ukuran, dan penempatan, digunakan dengan hati-hati untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna. 

2. Layar Sentuh dan Perangkat Mobile

Layar sentuh dan perangkat mobile adalah dua contoh HMI dari kemajuan teknologi yang muncul dengan hadirnya smartphone. Alih-alih tombol dan saklar, HMI yang termodernisasi memungkinkan operator mengetuk atau menyentuh layar fisik untuk mengakses kontrol. 

Layar sentuh menjadi penting terutama ketika digunakan dengan HMI mobile, yang dapat diimplementasikan melalui HMI/SCADA berbasis web atau melalui aplikasi. HMI mobile menawarkan berbagai keuntungan bagi operator, termasuk akses instan ke informasi HMI dan pemantauan jarak jauh.

3. Pemantauan Jarak Jauh

Pemantauan jarak jauh yang ramah mobile memungkinkan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih besar bagi operator dan manajer. Dengan fitur ini, seorang insinyur sistem kontrol di luar lokasi dapat, misalnya, memeriksa suhu gudang melalui perangkat portabel, menghilangkan kebutuhan pengawasan di lokasi setelah jam kerja. Dalam waktu dekat, memeriksa proses di lantai pabrik Anda saat berjarak jauh dari fasilitas tidak akan terasa aneh.

4. HMI Edge-of-Network dan Cloud

HMI edge-of-network juga sangat diminati karena memungkinkan operator mengakses data dan visualisasi dari perangkat lapangan. Selain itu, semakin umum mengirimkan data dari HMI lokal ke cloud, di mana data tersebut dapat diakses dan dianalisis secara remote, sambil menjaga kemampuan kontrol secara lokal.

Peluang dan Masa Depan HMI dalam Industri Modern

Di masa depan, para insinyur terkemuka bahkan sedang mengeksplorasi cara untuk mengimplementasikan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk memvisualisasikan fungsi manufaktur.

Seiring data semakin memainkan peran yang semakin penting dalam manufaktur, masa depan HMI terlihat sangat cerah. Teknologi ini mungkin sudah mengalami perkembangan yang pesat, tetapi potensinya untuk tumbuh masih hampir tak terbatas. 

Open chat