PLC Beckhoff untuk Teknologi Otomasi Industri

Kategori: 

PLC Beckhoff diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan Beckhoff Automation GmbH. Dikenal karena solusi otomasi yang inovatif dan canggih, PLC dari Beckhoff telah digunakan dalam sistem kontrol dan otomasi industri secara global. Lebih spesifik, PLC ini digunakan untuk menjalankan tugas monitoring input, membuat keputusan logis dan mengendalikan output.

PLC Beckhoff untuk Teknologi Otomasi Industri

Key takeaways:

  • Beckhoff New Automation Technology mengembangkan PLC dengan dukungan EtherCAT dan TwinCAT untuk memberikan solusi otomasi industri yang lebih handal.
  • PLC Beckhoff menggunakan protokol komunikasi EtherCAT dan platform TwinCAT.

Keunggulan PLC Beckhoff dalam Otomasi Industri

PLC Beckhoff telah diakui karena kinerjanya, fleksibilitas, dan kehandalannya dalam otomasi industri. Pendekatan berbasis perangkat lunak, teknologi EtherCAT dan desain modular membuatnya sesuai untuk tugas otomatisasi yang kompleks dan menuntut. 

1. Fleksibilitas dan Skalabilitas

Programmable logic controller Beckhoff memiliki desain modular yang memungkinkan fleksibilitas dan skalabilitas dalam pemakaian. Pengguna dapat memilih dari berbagai modul CPU, terminal I/O, modul komunikasi dan modul fungsi untuk menyesuaikan dan memperluas sistem otomasi berdasarkan persyaratan tertentu. Pendekatan modular memberikan solusi yang ekonomis dan adaptasi mudah terhadap kebutuhan berkelanjutan.

2. Kinerja Tinggi

PLC dari perusahaan Beckhoff dirancang untuk kontrol kinerja tinggi dan pemrosesan real-time. Mereka memanfaatkan kombinasi sistem operasi real-time dan teknologi komunikasi EtherCAT untuk mencapai kontrol yang cepat dan deterministik, memastikan operasi yang tepat dan disinkronkan pada aplikasi yang membutuhkan waktu yang kritis.

3. Pendekatan Berbasis Perangkat Lunak

Beckhoff mengadopsi pendekatan berbasis perangkat lunak untuk otomatisasi. Platform perangkat lunak TwinCAT menyediakan lingkungan pengembangan yang komprehensif yang mengintegrasikan alat pemrograman, konfigurasi dan visualisasi. Pendekatan ini menyederhanakan pengembangan, memungkinkan pemrograman yang efisien, dan memfasilitasi integrasi yang lancar dengan sistem kontrol berbasis PC.

4. EtherCAT dan TwinCAT

EtherCAT adalah protokol Ethernet industri berkinerja tinggi yang memungkinkan pertukaran data yang cepat dan deterministik antara PLC Beckhoff dan perangkat EtherCAT lainnya. Hal ini memberikan kecepatan komunikasi yang tinggi, latensi minimal dan transmisi data yang disinkronkan, meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

5. Keterbukaan dan Interoperabilitas

PLC Beckhoff mendukung berbagai bahasa pemrograman, termasuk teks terstruktur (ST), diagram blok fungsi (FBD), diagram tangga (LD), daftar instruksi (IL) dan bahasa kontrol terstruktur (SCL). Keterbukaan ini memungkinkan pemrogram menggunakan bahasa pilihan mereka dan memfasilitasi integrasi yang mulus dengan sistem dan peralatan yang sudah ada.

6. Integrasi dengan PC Industri

Untuk mendukung otomatisasi kontrol dan industri cerdas, PLC yang dikembangkan Beckhoff terintegrasi ke PC industri secara lancar dengan memanfaatkan daya dan kemampuan sistem kontrol berbasis PC. Integrasi ini memungkinkan visualisasi lanjutan, manajemen data dan analisis, menyediakan solusi komprehensif untuk otomatisasi dan kontrol.

Dalam control system industri, Beckhoff PLC menggunakan Windows CE sebagai sistem operasi dasar untuk menjalankan aplikasi kontrol industri. Windows CE menjalankan perangkat lunak yang mengendalikan proses dan peralatan pada saat runtime PLC.

7. Keandalan dan Daya Tahan

PLC Beckhoff dibangun untuk bertahan di lingkungan industri yang keras. Mereka dirancang dengan komponen yang kokoh, bahan berkualitas tinggi, dan lapisan pelindung untuk memastikan keandalan dan daya tahan. Hal ini membuatnya cocok untuk aplikasi yang menuntut operasi kontinu dan ketahanan terhadap getaran, variasi suhu dan debu.

8. Dukungan yang Komprehensif

Sistem PLC dari Beckhoff menawarkan dukungan teknis komprehensif, pelatihan dan dokumentasi untuk membantu pengguna dalam mengimplementasikan dan mengoptimalkan sistem otomasi mereka. Dukungan ini memastikan implementasi yang lancar, operasi yang andal dan pemecahan masalah yang efisien.

Keunggulan-keunggulan di atas membuat PLC ini menjadi pilihan yang disukai untuk aplikasi otomatisasi industri. Kombinasi kinerja, fleksibilitas, pendekatan berbasis perangkat lunak dan kemampuan integrasi menempatkan PLC Beckhoff sebagai solusi yang dapat diandalkan untuk berbagai industri dan kebutuhan otomasi.

Baca juga: Jenis-jenis PLC Berdasarkan Tipe, Output, dan Ukurannya

Aplikasi PLC Beckhoff

PLC Beckhoff digunakan di berbagai industri untuk aplikasi otomatisasi dan kontrol. Berikut beberapa contoh industri yang umumnya menggunakan PLC Beckhoff:

  • Manufaktur: industri otomotif, elektronik, barang konsumen, dan peralatan industri. PLC Beckhoff digunakan untuk mengontrol proses seperti jalur perakitan, penanganan material, robotika dan kontrol kualitas.
  • Otomatisasi proses: industri kimia, farmasi, makanan & minuman, minyak dan gas. PLC Beckhoff mengontrol dan memonitor proses pencampuran, pencampuran batch, pengendalian suhu, regulasi tekanan dan manajemen aliran.
  • Pengemasan dan logistik: digunakan untuk mengontrol mesin pengemasan, sistem konveyor, sistem pengurutan dan otomatisasi gudang.
  • Manajemen energi: energi terbarukan, distribusi listrik dan aplikasi jaringan listrik pintar. Digunakan untuk mengontrol dan memonitor produksi energi, penyimpanan, dan distribusi.
  • Sistem otomatisasi bangunan: untuk mengontrol dan mengelola berbagai fungsi bangunan. Aplikasi paling umum digunakan dalam sistem HVAC, pencahayaan, kontrol akses dan sistem keamanan dengan tujuan untuk peningkatan efisiensi energi dan kenyamanan pengguna.
  • Lingkungan penelitian, pengembangan dan pendidikan: digunakan untuk mengembangkan dan menguji prototipe, mengontrol setup eksperimen serta memfasilitasi akuisisi dan analisis data.
  • Sistem pengolahan air dan manajemen limbah: untuk mengontrol proses khususnya pada stasiun pemompaan, pemurnian air, penyaringan dan kontrol dosis kimia.
  • Transportasi dan Infrastruktur: digunakan dalam sistem transportasi untuk memantau dan mengontrol operasi seperti sinyal, pengendalian jalur, penanganan bagasi dan sistem informasi penumpang. Juga diterapkan dalam proyek infrastruktur seperti jembatan, terowongan dan sistem manajemen jalan.

PLC Beckhoff, TwinCAT, EtherCAT

PLC Beckhoff, TwinCAT, EtherCAT

Ada dua teknologi penting yang berkaitan dengan sistem kontrol PLC Beckhoff yakni TwinCAT dan EtherCAT. Keduanya sama-sama mendukung Programmable logic controller Beckhoff sebagai Beckhoff New Automation Technology

1. TwinCAT

PLC Beckhoff dan TwinCAT adalah dua komponen utama dalam sistem otomatisasi industri yang dikembangkan oleh perusahaan Beckhoff Automation GmbH. PLC sebagai perangkat keras yang bertanggung jawab untuk mengontrol perangkat fisik seperti motor, sensor dan aktuator sementara TwinCAT sebagai lingkungan pengembangan untuk sistem otomatisasi.

TwinCAT merupakan platform perangkat lunak komprehensif dengan berbagai fungsi, pemrograman, konfigurasi, visualisasi dan kontrol sistem. Hubungan antara PLC dan TwinCAT adalah bahwa program yang dibuat menggunakan TwinCAT akan dijalankan oleh PLC Beckhoff. Dengan demikian, TwinCAT dan PLC berfungsi bersama sebagai sistem otomatisasi terintegrasi untuk mengotomatisasi berbagai aplikasi industri.

2. EtherCAT

EtherCAT adalah sebuah protokol komunikasi Ethernet industri (sistem fieldbus berbasis Ethernet) dari Beckhoff. Digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat otomatisasi termasuk PLC, I/O modules, driver dan, sensor dalam suatu sistem otomatisasi. EtherCAT memberikan komunikasi yang cepat, deterministik dan real-time antar perangkat sehingga pertukaran data lebih efisien dan tersinkronisasi secara akurat.

PLC Beckhoff menggunakan EtherCAT untuk berkomunikasi dengan perangkat lain yang terhubung dalam sistem otomasi industri. PLC menggunakan EtherCAT dalam mengirimkan perintah kontrol dan menerima data sensor secara real-time untuk mengkoordinasikan operasi keseluruhan sistem otomatisasi.

Baca juga: Pentingnya Counter Program dalam Sistem Kontrol Industri

Jasa Integrasi PLC Beckhoff Industrial

Laskar Otomasi Gemilang merupakan mitra industri yang direkomendasikan bagi anda yang ingin menggunakan PLC Beckhoff sebagai sistem kontrol industri. Perusahaan ini menyediakan solusi komprehensif untuk membantu industri memanfaatkan teknologi otomasi dari brand terkemuka.

Open chat