Mengetahui 4 Jenis Inverter Nord dan Kelebihannya

Kategori: 

Inverter Nord menawarkan berbagai jenis inverter seperti Inverter Nord Compact, Inverter Nord Multi-Function, Inverter Nord Modified Sine Wave, dan Inverter Nord Pure Sine Wave. 

Inverter Nord memiliki fungsi utama sebagai perangkat elektronik yang mengubah arus DC (direct current) menjadi AC (alternating current) yang bertujuan untuk memasok listrik alternatif saat listrik dari sumber utama terputus. Simak artikel ini untuk mengetahui jenis inverter Nord!

Mengetahui 4 Jenis Inverter Nord dan Kelebihannya
source: automationinside.com

Kelebihan Inverter Nord

Inverter Nord yang diaplikasikan khusus ke area industrial, memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kebutuhan listrik yang berbeda-beda di lingkup produksi.
  • Memastikan kontinuitas kerja mesin dan alat produksi yang membutuhkan tegangan stabil. Inverter Nord akan menyuplai listrik alternatif saat listrik dari sumber utama terputus, sehingga mesin dan alat produksi dapat terus beroperasi.
  • Mampu mengoptimalkan pemakaian energi dengan memastikan tegangan yang dihasilkan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin-mesin produksi sehingga  mengurangi beban pada sumber listrik utama dan membuat produksi menjadi lebih efisien.
  • Memastikan bahwa mesin produksi tidak terpapar tegangan yang tidak stabil, yang dapat menyebabkan kerusakan.

Dengan kelebihannya, Inverter Nord terus digunakan oleh beragam perusahaan dalam menjalankan proses industri. 

Jenis Inverter Nord

Terdapat empat jenis inverter Nord yang saat ini bagus digunakan baik untuk kebutuhan rumah tangga, gedung maupun area industri. 

1. Inverter Nord Pure Sine Wave

Inverter Nord Pure Sine Wave adalah jenis inverter yang menghasilkan gelombang sinus murni sebagai keluaran listrik. Inverter ini menggunakan teknologi yang lebih maju dan memiliki kualitas listrik yang lebih baik dibandingkan dengan inverter gelombang sinus modifikasi.

Inverter Nord Pure Sine Wave cocok untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan kualitas listrik yang tinggi dan stabil, seperti pengoperasian peralatan medis, pengoperasian alat-alat elektronik yang sensitif, dan pengoperasian alat-alat industri yang memerlukan arus listrik yang halus dan stabil. Inverter ini dapat menghasilkan keluaran listrik yang lebih efisien dan dapat mengurangi interferensi pada beberapa peralatan.

Inverter Nord Pure Sine Wave ideal diaplikasikan oleh perusahaan atau individu yang membutuhkan solusi listrik portable dengan kualitas listrik yang tinggi dan stabil.

2. Inverter Nord Modified Sine Wave

Modified Sine Wave Inverter Nord adalah jenis inverter yang mengubah arus DC (direct current) menjadi AC (alternating current) dengan gelombang sinus yang diubah-ubah. Gelombang ini berbeda dari gelombang sinus murni yang dihasilkan oleh inverter true sine wave.

Modified sine wave inverter memiliki beberapa keuntungan, seperti harga yang lebih murah dan lebih sederhana dalam hal konstruksi dan kontrol. Namun, gelombang sinus yang dimodifikasi juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tingkat interferensi elektromagnetik yang lebih tinggi dan tidak dapat mengoperasikan beberapa peralatan yang membutuhkan gelombang sinus murni, seperti mesin cuci dan beberapa peralatan medis.

Inverter Nord modified sine wave dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti pemasok daya cadangan untuk rumah tangga, mobil, atau peralatan luar ruangan lainnya. Namun, untuk aplikasi kritis yang membutuhkan daya yang stabil dan tanpa gangguan, seperti penerangan rumah tangga, televisi, atau peralatan audio, tidak disarankan menggunakan inverter ini.

3. Inverter Nord Compact

Inverter Nord Compact adalah jenis inverter frekuensi tinggi yang dirancang untuk membuat mesin dan peralatan industri berjalan dengan lebih efisien dan hemat energi. Inverter ini memiliki beberapa fitur unggulan, seperti kontrol motor yang presisi, kinerja tinggi, dan tingkat kesulitan yang tinggi.

Inverter Nord Compact dapat digunakan dalam berbagai aplikasi industri, seperti peralatan pengolahan bahan, mesin-mesin pengolahan logam, mesin-mesin pengolahan kayu, dan masih banyak lagi. Inverter ini juga dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan spesifik dari mesin atau peralatan yang akan dikendalikan sehingga pilihan tepat untuk perusahaan yang mencari solusi efisiensi energi dan pengendalian mesin yang andal untuk aplikasi industri.

4. Inverter Nord Multi-Function

Inverter Nord Multi-Function adalah jenis inverter yang memiliki banyak fungsi dan fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan aplikasi industri yang kompleks. Inverter ini memiliki kontrol motor yang presisi dan tingkat kelembutan yang tinggi, serta memiliki beberapa fitur tambahan seperti kontrol suhu, pengendalian tegangan, dan pemantauan kondisi mesin.

Inverter Nord Multi-Function dapat digunakan dalam berbagai aplikasi industri, seperti mesin-mesin pengolahan logam, mesin-mesin pengolahan kayu, dan mesin-mesin pengolahan bahan. Inverter ini juga dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan spesifik dari mesin atau peralatan yang akan dikendalikan, sehingga cocok untuk berbagai jenis aplikasi industri.

Baca juga: Mengenal Jenis Inverter Schneider dan Kelebihannya

Integrasi Inverter Nord

Inverter Nord banyak digunakan di rumah, gedung, dan aplikasi industri lainnya. Di dalam rumah, inverter Nord sering digunakan sebagai sumber listrik alternatif saat listrik dari PLN terputus. Dalam industri, inverter Nord sering digunakan untuk memasok alternatif listrik ke mesin-mesin produksi yang membutuhkan tegangan stabil. 

Inverter Nord memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan tipe dan spesifikasi yang dibutuhkan. Pengguna dapat memilih jenis inverter Nord yang sesuai dengan kebutuhan dan aplikasi yang diinginkan, sehingga dapat menikmati solusi listrik yang efisien dan berkualitas. Dapatkan saran penggunaan dan jasa integrasi melalui Laskar Otomasi yang merupakan mitra otomasi dan integrasi alat/mesin industri. Kunjungi website kami di sini

Open chat