Sistem Festo Hidrolik untuk Kontrol Presisi

Kategori: 

Selain pneumatik dan elektropneumatik, Festo juga menyediakan sistem hidrolik untuk kebutuhan industrial. Festo hidrolik dirancang untuk memberikan kontrol aliran fluida yang andal dan efisien dalam beragam aplikasi industri. Hydraulic system terdiri atas sejumlah komponen mencakup silinder, katup, pompa dan akumulator.

Sistem Festo Hidrolik untuk Kontrol Presisi

Key takeaways:

  • Sistem hidrolik Festo adalah sistem transmisi dan kontrol tenaga yang memanfaatkan tekanan fluida untuk menghasilkan dan mentransmisikan gaya guna melakukan berbagai tugas.
  • Sistem hidrolik menawarkan keuntungan berupa rasio daya terhadap berat yang tinggi, kontrol presisi, kemampuan gaya tinggi dan kemampuan untuk mentransmisikan daya dalam jarak yang jauh. 

Implementasi Sistem Hidrolik Festo di Industri

Teknologi hidrolik Festo digunakan di industri yang membutuhkan gaya besar dengan kontrol yang tepat. Implementasinya dapat dilihat pada poin-poin di bawah ini.

1. Otomotif

Dalam industri otomotif, sistem kontrol hydraulic umumnya digunakan pada proses pengelasan, pembentukan logam dan perakitan komponen. Sistem hidrolik menyediakan kontrol yang presisi dan daya dorong yang tinggi untuk operasi seperti pengelasan titik, membentuk panel bodi dan menyatukan komponen mobil.

2. Industri Logistik dan Material Handling

Untuk aplikasi dalam industri logistik dan material handling, sistem kontrol hidrolik digunakan untuk menggerakkan conveyor, sistem penanganan material dan peralatan pengangkutan otomatis. 

3. Konstruksi dan Bangunan

Hydraulic system digunakan dalam aplikasi alat pengangkatan dan penempatan material berat, operasi derek dan penggerak mesin konstruksi. Sistem hidrolik menyediakan daya dorong yang tinggi dan kontrol yang akurat untuk menangani tugas konstruksi yang memerlukan kekuatan besar.

4. Industri Pulp dan Kertas

Sistem kontrol hidrolik juga diimplementasikan dalam proses penggilingan kayu, pemotongan kertas dan proses pembentukan lembaran. Sistem ini menjamin pengendalian yang presisi dan efisiensi.

5. Industri Energi dan Pertambangan

Implementasi dalam industri ini mencakup peralatan berat dan pemrosesan bahan bakar fosil. Sistem hidrolik menyediakan daya dorong yang kuat dan pengendalian yang akurat untuk operasi yang memerlukan keandalan dan performa tinggi.

6. Manufaktur dan Pabrik

Pada aplikasi dalam industri manufaktur, sistem kontrol hidrolik diandalkan pada pemrosesan logam, pencetakan dan pembentukan bahan. Sistem hidrolik ini menawarkan akurasi dan efisiensi.

Baca juga: Uji Elektro Pneumatik Festo Melalui FluidSIM

Integrasi Sistem Festo Hidrolik

Integrasi Sistem Hidrolik

Festo menyediakan berbagai opsi untuk integrasi antara sistem kontrol hidrolik dengan komponen dan sistem otomasi lainnya. 

  • Antarmuka Komunikasi. Sistem kontrol hidrolik Festo dilengkapi dengan antarmuka komunikasi mencakup protokol fieldbus (Profibus, Profinet, EtherCAT), protokol Ethernet industri (Ethernet/IP) dan Modbus TCP. Dengan antarmuka komunikasi, sistem hydraulic dapat diintegrasi dengan sistem kontrol tingkat lebih tinggi. 
  • Integrasi dengan Sistem Pneumatik dan Elektrikal. Sistem kontrol hidrolik terintegrasi dengan sistem pneumatik maupun elektrikal dikembangkan untuk memberikan otomasi yang komprehensif dan hibrida.
  • Perangkat Lunak dan Alat Pemrograman. Festo menyediakan perangkat lunak dan antarmuka pemrograman untuk memudahkan pemrograman dan konfigurasi sistem kontrol hidrolik. 

Sebagai mitra Festo Indonesia, Laskar Otomasi Gemilang menawarkan layanan perancangan sistem dan konsultasi untuk membantu integrasi sistem kontrol hidrolik ke dalam lingkungan industri. Lengkap dengan panduan dan dukungan dalam memilih komponen yang tepat, merancang arsitektur sistem serta memastikan kompatibilitas dan integrasi yang mulus antara berbagai sistem otomasi. Kunjungi website kami segera!

Baca juga: Produk Industry Automation dari PT Festo Indonesia

Open chat