Mengenal Jenis DC Servo Motor Industrial & Penerapannya

Kategori: 

Secara umum, motor servo merupakan motor yang mampu mengontrol sistem mekanis secara presisi melalui kemampuan feedback loop yang dimilikinya. DC Servo Motor disebut sebagai motor DC karena memakai tenaga listrik arus searah atau Direct Current (DC) sebagai daya untuk menggerakkan rotor. 

Karakteristik khusus dari DC servo motor adalah kemampuannya untuk mengontrol kecepatan dan posisi outputnya dengan presisi yang tinggi. Hal ini terjadi karena DC servo motor memiliki sistem umpan balik yang terdiri dari sensor dan kontroler, yang memungkinkan motor untuk mengukur posisi dan kecepatannya saat beroperasi. 

Mengenal Jenis DC Servo Motor Industrial & Rekomendasinya

DC servo motor juga memiliki percepatan dan perlambatan yang sangat cepat, yang membuatnya ideal digunakan dalam aplikasi yang memerlukan pergerakan cepat dan akurat seperti pada industri manufaktur, mesin CNC, dan robotik.

Jenis DC Servo Motor

DC servo motor telah memberikan beragam keunggulan dibandingkan jenis servo motor lainnya dalam penggunaannya. Berikut jenis paling umum daripadanya yang sering dijumpai di beragam industri modern dewasa ini yakni:

1. Brushed DC Servo Motor

Brushed DC servo motor adalah jenis motor servo DC yang paling umum dan mudah ditemukan di pasaran. Motor ini menggunakan sikat untuk menghubungkan bagian dalam motor dengan bagian luar. Karena penggunaan sikat ini, brushed DC servo motor cenderung lebih mudah rusak dan memiliki umur pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan jenis motor servo DC lainnya. 

Namun, brushed DC servo motor memiliki harga yang lebih murah dan cukup efektif untuk aplikasi dengan beban yang ringan.

2. Brushless DC Servo Motor

Berbeda dengan brushed DC servo motor, brushless DC servo motor tidak menggunakan sikat untuk menghubungkan bagian dalam motor dengan bagian luar. Sebaliknya, brushless DC servo motor menggunakan sensor posisi yang terletak di dalam motor untuk mengatur arus yang diberikan ke coil. 

Dengan penggunaan teknologi ini, brushless DC servo motor memiliki umur pakai yang lebih panjang, lebih tahan lama, dan lebih efisien dibandingkan dengan brushed DC servo motor. Namun demikian, Harga brushless DC servo motor juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan brushed DC servo motor.

3. Coreless DC Servo Motor

Coreless DC servo motor memiliki bobin yang dililitkan pada tabung tanpa inti atau core. Dengan penggunaan teknologi ini, motor ini memiliki massa yang lebih ringan dan tidak ada hambatan magnetik antara inti dan lilitan. Coreless DC servo motor umumnya digunakan pada aplikasi yang membutuhkan akselerasi yang tinggi dan respons yang cepat.

4. Voice Coil DC Servo Motor

Voice coil DC servo motor, atau sering juga disebut linear DC servo motor, merupakan jenis motor servo DC yang tidak menggunakan gear atau mekanisme penggerak lainnya. Sebaliknya, motor ini menggunakan sebuah coil yang digerakkan oleh medan magnet untuk menghasilkan gerakan linear. 

Voice coil DC servo motor biasanya digunakan pada aplikasi yang membutuhkan gerakan linear dengan akurasi yang tinggi, seperti pada mesin pengukur koordinat atau sistem kamera CCTV.

5. Pancake DC Servo Motor

Pancake DC servo motor memiliki bentuk yang datar dan lebar, sehingga cocok untuk digunakan pada aplikasi yang membutuhkan motor yang ringkas dan tipis. Motor ini umumnya digunakan pada aplikasi industri kecil hingga menengah, seperti pada robot, kamera, dan mesin CNC. Meskipun ukurannya kecil, pancake DC servo motor memiliki performa yang baik dan respons yang cepat.

Baca juga: Jenis AC Servo Motor Industrial dan Penggunaannya

Penerapan DC Servo Motor dalam Industri

Penerapan DC servo motor pada industri ini sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi produksi. DC servo motor memberikan kontrol yang presisi dan kecepatan yang tinggi, yang memungkinkan untuk mencapai toleransi yang sangat ketat dan mengurangi kesalahan produksi. Selain itu, DC servo motor juga dapat digunakan pada aplikasi yang memerlukan pengontrolan gerakan yang kompleks dan presisi, seperti pada robot industri.

1. Mesin CNC (Computer Numerical Control)

DC servo motor sering digunakan pada mesin CNC untuk menggerakkan sumbu X, Y, dan Z. Dalam mesin CNC, DC servo motor membantu mengontrol pergerakan pisau atau cutter pada benda kerja. Keakuratan pergerakan pisau ini sangat penting dalam pembuatan produk dengan toleransi yang ketat.

2. Mesin pengemas

DC servo motor juga sering digunakan pada mesin pengemas, khususnya pada mesin pengemas makanan dan minuman. Pada mesin ini, DC servo motor digunakan untuk menggerakkan conveyor belt dan membantu dalam pengisian dan pengepakan produk secara otomatis.

3. Robotik industri

DC servo motor digunakan pada robot industri untuk menggerakkan lengan robot dan mengontrol pergerakan robot. DC servo motor sangat berguna pada aplikasi robotik yang memerlukan gerakan yang sangat presisi dan kontrol yang tinggi.

Penerapan DC Servo Motor dalam Industri

4. Mesin printing

DC servo motor juga digunakan pada mesin printing, seperti mesin cetak offset. Pada mesin printing, DC servo motor digunakan untuk mengontrol pergerakan drum silinder yang membawa plat cetak dan membantu mencetak gambar dengan presisi yang tinggi.

5. Mesin penggerak

DC servo motor juga digunakan pada mesin penggerak seperti pada mesin pemotong logam, mesin pengerjaan kayu, dan mesin pengerjaan plastik. DC servo motor membantu dalam menggerakkan pisau dan memotong benda kerja dengan akurasi yang tinggi.

Baca juga: Cari Tahu 4 Jenis Industrial Servo Motor di Sini!

Keuntungan Menggunakan DC Servo Motor

Selain keunggulan dari masing-masing DC Servo Motor di atas, secara umum keuntungan yang diberikan DC servo motor bagi industrial berupa:

1. Akurasi tinggi.

DC servo motor memiliki kemampuan kontrol posisi yang sangat akurat sehingga cocok digunakan pada aplikasi industri yang membutuhkan presisi dan kestabilan, seperti mesin CNC, robotik, dan peralatan pengukuran.

2. Responsif dan cepat.

DC servo motor memiliki waktu respons cepat yang memungkinkannya untuk memberikan gerakan yang responsif. Hal ini menjadikannya sebagai sumber daya yang ideal dalam aplikasi yang membutuhkan kecepatan tinggi dan gerakan yang presisi.

3. Efisiensi energi.

DC servo motor cenderung lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan motor listrik lainnya. Hal ini karena motor ini dapat bekerja pada putaran yang lebih rendah dan masih memberikan daya yang cukup, sehingga mengurangi konsumsi energi dan biaya operasional.

4. Torsi yang besar.

DC servo motor dapat memberikan torsi yang tinggi pada kecepatan rendah, menjadikannya ideal untuk aplikasi yang membutuhkan daya tarik dan penahanan yang kuat, seperti pada mesin penggilingan atau mesin pemotong.

5. Mudah dikendalikan.

DC servo motor dapat dengan mudah dikendalikan menggunakan sinyal kontrol yang diterapkan pada driver motor. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan, arah, dan posisi motor dengan mudah.

***

Laskar Otomasi Gemilang merupakan mitra otomasi industri yang juga menyediakan produk  DC servo motor dari merek populer. Dengan menganalisis terlebih dahulu kebutuhan industri dan jenis pengaplikasiannya, Laskar Otomasi menawarkan jasa integrasi servo motor ke dalam sistem industri. 

Open chat